Masih Pentingkah Punya Kartu Nama?

Lugu Gumilar namecard © 2017

"Maaf, masih cara lama." Katanya sambil menyodorkan kartu nama. 
Di era digital ini, mungkin beberapa orang akan menganggap kartu nama adalah hal yang old school. Seperti salah satu yang Abraham Lincoln punya di sini. Tapi tahukah bahwa kartu nama masih penting ketika hampir semua orang menghabiskan kontak lewat dunia maya.

Keberadaan kartu nama secara fisik tidak bisa tergantikan.

Ketika bertatap muka dengan orang baru, entah itu urusan bisnis atau hanya sekedar terlibat percakapan yang seru. Kartu nama adalah jembatan nyata, ketika kita sebagai manusia sering dilanda lupa. Meski setelahnya, kita bisa memindah informasi yang ada ke telepon genggam atau yang lain. Dan setidaknya lebih formal dari sekedar:

"Cek IG kita dong, Sist!"
"Googling aja namaku; Lugu Gumilar"

Kartu nama adalah kesan pertama. 

Bisa jadi ketika memulai percakapan, kesan dapat terbentuk lewat informasi, desain, bahkan keunikan dari kartu nama. Sehingga percakapan selanjutnya tidak akan melebar ke hal-hal yang kurang penting. Apalagi ketika bertemu dengan orang yang berpotensi menjadi relasi bisnis. Bayangkan saja kesan yang mungkin muncul jika kita sedang mencatat nomor telponnya di smartphone lalu baterai habis, atau ditelpon mantan.

Kartu nama yang kreatif menjelaskan banyak hal.

Bukan berarti semua informasi harus dimasukkan ke dalam kartu kecil ini. Namun penyampaian yang padat dan efektif, ditambah desain yang simple dan menarik akan mampu memberi nilai tambah. Jadi kartu nama seperti ini tidak akan tenggelam di kantong atau dompetmu.

"Kartu nama begini saja bayarnya mahal sekali!" 

Iya, begitu pernyataan selanjutnya dari klien yang mungkin kurang paham bagaimana proses desain, sekaligus nilai dan potensi dari sebuah kartu nama. Pemilihan warna, alur susunan informasi dan penerjemahan persona seringkali kurang begitu dipahami oleh orang awam, bahkan "pebisnis sukses" sekalipun. Jadi, masih menganggap remeh kartu kecil yang tak hanya berisi nama ini? 

Cateringbali.com Business Card, designed by Lugu Gumilar. © 2014

Meski bagaimana cara kita berkomunikasi berubah dan akan menggunakan kartu nama secara berbeda, tapi saya yakin kita akan selalu punya kesempatan bertemu dengan orang baru dan berkenalan. Dan akan selalu ada cara yang menarik untuk memperkenalkan diri. Siapa tahu juga bakal saling menemukan jodoh lewat pertukaran kartu nama. :) 

0 komentar:

Post a Comment