Talk About Design: Add More Value


Ngobrolin seni dan desain kali ini bukan tentang detail pekerjaan saya, tapi sedikit tentang bagaimana opini dan pengalaman saya sebagai desainer. Setelah tulisan saya sebelumnya bercerita tentang fleksibilitas/keluwesan dalam berkarya, kali ini saya akan berbagi pendapat tentang value dalam desain. Value disini bukan tentang gelap terangnya warna, tapi soal nilai. Nilai yang dapat kita berikan dalam setiap karya yang kita ciptakan.

Roda berputar cepat. Karya-karya yang pernah saya ciptakan di masa awal saya mengenal desain, pastinya saya merasa keren waktu itu. Tapi sekarang? Saya hanya bisa tertawa melihatnya, meski tetap saya simpan sebagai sejarah. Masa depan ditentukan dengan apa yang kamu kerjakan hari ini. Saya, bahkan kamu tidak bisa kembali ke masa lalu. Bahkan piala dan penghargaan yang kamu pajang tidak akan berguna jika karya yang kamu hasilkan sekarang tidak bisa lebih baik dari yang diharapkan.


Yang jadi pengingat buat saya sebagai desainer (dan mungkin siapapun yang kebetulan membaca), kuncinya adalah karya yang dihasilkan sebisa mungkin memberikan nilai lebih kepada orang banyak. Lebihkan ekspektasi dari diri sendiri. Tampar mukamu dengan karya-karya yang melebihi apa yang ditargetkan. Jika tidak bisa, maka tidurlah lebih dalam. Mungkin kamu lelah.


Maaf, ini bukan hipnotis atau motivasi. Ayo bangun dan ingat-ingat kembali apa yang menjadi target sebelumnya.

Desainer memang bukan superhero yang akan menyelamatkan dunia, tapi desain memiliki posisi yang mampu memecahkan masalah dengan solusi untuk dunia yang lebih baik. Contoh yang masih hangat adalah tentang desain sebagai media kampanye calon presiden di pemilihan umum yang lalu. Siapa menyadari pengaruh penggunaan desain-desain mulai dari avatar media sosial, poster, flyer hingga media-media lain yang beredar? Makna dan nilai yang terkandung dalam visual tersebut dapat mempengaruhi pilihan orang, kecuali gambar editan sampah yang bertebaran dimana-mana.

"If you're good at something, never do it for free."

Quote dari Joker di atas memang benar, tapi desainer harus lebih kreatif. Desainer bisa mendapat bayaran yang layak dari karyanya untuk bertahan hidup dan disisihkan guna proyek sampingan yang bermanfaat untuk khalayak. Meski yang menurut kita baik belum tentu baik untuk orang lain, niatan yang baik akan menghasilkan karya yang baik pula... *paradox #baikception

Ada sebagian kawan yang berpendapat bahwa jangan memulai karya dengan iseng-iseng saja. Sebagian yang lain mengesahkan berkarya suka-suka pasti ada hasilnya. Saya sendiri mengalaminya beberapa waktu lalu. Komik iseng di lfgcomics.tumblr.com sudah absen sekitar satu bulan. Bisa jadi ini karena target saya terlalu rendah dengan konsisten di 10 komik dengan semangat suka-suka, serta pesan yang masih kurang bisa diterima, setidaknya oleh beberapa teman yang saya mintai pendapat. Tapi positifnya, saya dapat banyak kritik dan saran yang semoga bisa diwujudkan dalam karya selanjutnya. 

Crut!

0 komentar:

Post a Comment