Selesai?

Saya bersyukur, akhirnya bisa juga menyelesaikan skripsi sebelum piala dunia dimulai. Ya. Saya memang menergetkan diri untuk segera menyelesaikannya sebelum piala dunia dimulai. Maklum sudah setahun saya molor karena banyak menunda-nunda. Sekarang saya bisa tanpa beban nonton tiap pertandingan, walaupun tenyata banyak yang membosankan :(.
Syukur juga ternyata apa yang saya lakukan bermanfaat buat orang lain. Desain saya untuk materi skripsi dipakai oleh perusahaan dimana saya melakukan penelitian (walaupun perusahaan tersebut masih dalam skala kecil). Sebuah nilai plus diantara banyak kekurangan saya.
Saya jadi ingat ada seorang yang bilang pada saya, “Cepat lulus, buat apa lama-lama, toh yang penting dapat gelar, lalu kerja!” Yang ada di pikiran saya bukan itu. Jujur, bahkan setelah saya selesai, pikiran saya untuk cari kerja (melamar ke perusahaan-perusahaan) tidak sebesar keinginan saya untuk belajar berwirausaha. Waktu saya selama ini saya habiskan untuk belajar lagi, baca-baca lagi, gambar-gambar lagi. Disamping memang ijazah belum keluar karena saya juga belum diwisuda. Tapi memang tujuan saya untuk lulus cepat bukan soal gelar! Gelar bagi saya hanya bonus atas apa yang saya lakukan. Saya benar-benar butuh ilmu. Yang tidak saya dapatkan di masa perkuliahan, yang akan saya kejar setelah urusan saya dengan yang namanya “kampus” selesai.
Ini bukan akhir, tapi awal bagi saya untuk berperang di hutan rimba sesungguhnya. Dunia yang penuh dengan kebusukan. Dan saya masih harus terus latihan, latihan, dan latihan lagi untuk bisa lolos dari sini. Saya tidak akan banyak bicara.
Saya berdoa, jika Tuhan memang mendesain hidup saya untuk desain. Semoga saya masih diberi banyak waktu dan kesempatan untuk mendesain dunia.

1 comment:

  1. alhamdulillah
    entenono ndek ngarep yo, aku yo pengen dadi wirausahawan :)

    ReplyDelete